saat grub loader ga jalan

bagi-bagi pengalaman ney, d kompi gue da ubuntu ma windows yang alan berdampingan maklumlah newbie masih lom bisa 100% migrasi ke linux. suatu ketika q pengen install ulang windoz, eh setelah install ulang koq grub loader miliknya ubuntu jadi kgak jalan alias langsung masuk. wah harus insstall ulang dunk ubuntunya?? capek dech..

so gmana dunk lo ga install ulang, gini ney caranya:

1. boot ubuntu lewat lifecd, buka commandline n login sbgai root
sudo passwd
buat passwd baru
su

2. setelah itu mount dimana partisi dimana ubuntu terinstall di /mnt, misal di /dev/hda5
mount -t ext3 /dev/hda5 /mnt

3. install grub loadernya, di mbr
grub-install –root-directory=/mnt /dev/hda

selesai dah masalah grub loader, tanpa harus install ulang linux

Advertisements
Tags:

3 Comments to “saat grub loader ga jalan”

  1. atau untuk yang noob, bisa coba pakek super grub disk. 🙂

  2. Cara di atas juga bisa untuk merubah password root yg terlupa, ketik chroot tinggal rubah aja passwornya dg printah passwd
    regards

  3. cara yang lebih simple

    booting live CD Ubuntu 8.04 anda (saya asumsikan ubuntu 8.04 nya Live CD)
    jalankan terminal
    ketikan perintah sudo grub

    $sudo grub

    setelah masuk ke grub makan muncul => grub>
    ketikan perintah : find /boot/grub/stage1

    grub>find /boot/grub/stage1

    maka akan muncul hasil instalasi grub anda sebelumnya : misal nya (hd0,1)

    grub>

    lalu ketikan perintah setup ( setup (hd0,1)

    grub>setup (hd0,1)

    selesai deh, untuk keluar dari grub pake perintah quit

    grub>quit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: