Doa Harian Ramadhan

· Doa hari ke-1

“Ya Allah! Jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa, dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam, dan jagalah aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. hapuskanlah dosaku ….

Wahai Tuhan sekalian alam! ampunilah aku, Wahai Pengampun para pembuat dosa.”

· Doa hari Ke-2

“Ya Allah! Dekatkanlah kepada keridhoan-Mu dan jauhkanlah aku dari kemurkaan -Mu. Berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat-Mu, Wahai Maha Pengasih dari semua pengasih”

· Doa hari ke-3

“Ya Allah! Berilah aku rizki, akal dan kewaspadaan, dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan kesesatan. Sediakanlah bagian untukku dari segala kebaikan yang Kau turunkan demi kemurahan-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Dermawan dari semua yang dermawan.”

· Doa hari ke-4

“Ya Allah! Berikanlah kekuatan kepadaku untuk menegakkan perintah-perintah-Mu, dan berikanlah manisnya berdzikir mengingat-Mu. Berilah aku kekuatan untuk menunaikan syukur kepada-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Melihat.”

· Doa hari ke-5

“Ya Allah! Jadikanlah aku diantara orang-orang yang memohon ampunan, dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang sholeh dan setia, serta jadikanlah aku diantara auliya’-Mu yang dekat disisi-Mu, dengan kelembutan-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih.”

· Doa hari ke-6

“Ya Allah! Janganlah Engkau hinakan aku karena perbuatan maksiat terhadap-Mu dan janganlah Engkau pukul aku dengan cambuk balasan-Mu. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-Mu dengan anugerah dan bantuan-Mu, Wahai puncak keinginan orang-orang yang berkeinginan!”

· Doa hari ke-7

“Ya Allah! Bantulah aku untuk melaksanakan puasanya dan ibadah malamnya. Jauhkanlah aku dari kelalaian dan dosa-dosanya. Dan berikanlah aku dzikir berupa dzikir mengingat-Mu secara berkesinambungan, dengan taufiqMu, Wahai Pemberi Petunjuk orang-orang yang sesat.”

· Doa hari ke-8

“Ya Allah! Berikanlah aku rizki berupa kasih sayang terhadap anak-anak yatim dan pemberian makan serta penyebaran salam, dan pergaulan orang-orang mulia, dengan kemulian-Mu, Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.”

· Doa hari ke-9

“Ya Allah! Sediakanlah untukku sebagian dari rahmat-Mu yang luas, dan berikanlah aku petunjuk kepada ajaran-ajaran-Mu yang terang, dan bimbinglah aku menuuju kerelaan-Mu yang penuh dengan kecintaan-Mu, Wahai harapan orang-orang yang rindu.”

· Doa hari ke-10

“Ya Allah! Jadikanlah aku di antara orang-orang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang menang disisi-Mu, dan jadikanlah aku di antara orang-orang yang dekat kepada-Mu dengan ihsan-Mu, Wahai Tujuan orang-orang yang memohon.”

· Doa hari ke-11

“Ya Allah! Tanamkanlah dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik dan tanamkanlah dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Jauhkanlah dariku kemurkaan-Mu dan api neraka dengan pertolongan-Mu, Wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan.”

· Doa hari ke-12

“Ya Allah! Hiasilah diriku dengan penutup dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian qona’ah dan kerelaan. Tempatkanlah aku di atas keadilan dan sikap tulus. Amankanlah diriku dari setiap yang aku takuti dengan penjagaan-Mu, Wahai Penjaga orang-orang yang takut.”

· Doa hari ke-13

“Ya Allah! Sucikanlah diriku dari kekotoran dan kejelekan. Berilah kesabaran padaku untuk menerima segala ketentuan. Dan berilah kemampuan kepadaku untuk bertakwa, dan bergaul dengan orang-orang yang baik dengan bantuan-Mu, Wahai Dambaan orang-orang miskin.”

· Doa hari ke-14

“Ya Allah! Janganlah Engkau hukum aku karena kekeliruan yang aku lakukan. Dan ampunilah aku dari kesalahan-kesalahan dan kebodohan. Janganlah Engkau jadikan diriku sebagai sasaran bala’ dan malapetaka dengan kemulian-Mu, Wahai Kemuliaan kaum muslimin.”

· Doa hari ke-15

“Ya Allah! Berilah aku rizki berupa ketaatan orang-orang yang khusyu’. Dan lapangkanlah dadaku dengan taubatnya orang-orang yang menyesal, dengan keamanan-Mu, Wahai Keamanan untuk orang-orang yang takut.”

· Doa hari ke-16

“Ya Allah! Berilah aku kemampuan untuk hidup sebagaimana kehidupan orang-orang yang baik. Dan jauhkanlah aku dari kehidupan bersama orang-orang yang jahat. Dan naungilah aku dengan rahmat-Mu hingga sampai kepada alam akhirat. Demi ketuhanan-Mu, Wahai Tuhan seru sekalian alam.”

· Doa hari ke-17

“Ya Allah! Tunjukkanlah aku kepada amal kebajikan dan penuhilah hajat serta cita-citaku. Wahai yang Maha Mengetahui keperluan tanpa pengungkapan permohonan. Wahai Yang Maha Mengetahui segala yang ada di dalam hati seluruh isi alam. Sholawat atas Muhammad dan keluarganya yang suci.”

· Doa hari ke-18

“Ya Allah! Sadarkanlah aku akan berkah-berkah yang terdapat di saat sahurnya. Dan sinarilah hatiku dengan terang cahayanya serta bimbinglah aku dan seluruh anggota tubuhku untuk dapat mengikuti ajaran-ajarannya, demi cahaya-Mu, Wahai Penerang hati para arifin.”

· Doa hari ke-19

“Ya Allah! Penuhilah bagianku dengan berkah-berkahnya dan mudahkanlah jalanku menuju kebaikan-kebaikannya. Janganlah Engkau jauhkan aku dari keterimaan kebaikan-kebaikannya, Wahai Pemberi Petunjuk kepada kebenaran yang terang.”

· Doa hari ke-20

“Ya Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu surga dan tutupkanlah bagiku pintu-pintu neraka, dan berikanlah kemampuan padaku untuk membaca Al-Qur’an, Wahai Penurun Ketenangan di dalam hati orang-orang mu’min.”

· Doa hari ke-21

“Ya Allah! Berilah aku petunjuk menuju kepada keridhoan-Mu. Dan janganlah Engkau beri jalan kepada setan untuk mengusaiku. Jadikanlah surga bagiku sebagai tempat tinggal dan peristirahatan, Wahai Pemenuh keperluan orang-orang yang meminta.”

· Doa hari ke-22

“Ya Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu karunia-Mu, turunkan untukku berkah-berkah-Mu. Berilah kemampuan untukku kepada penyebab-penyebab keridhoan-Mu, dan tempatkanlah aku di dalam sorga-Mu yang luas, Wahai Penjawab orang-orang yang dalam kesempitan.”

· Doa hari ke-23

“Ya Allah! Sucikanlah aku dari dosa-dosa dan bersihkanlah diriku dari segala aib. Tanamkanlah ketaqwaan di dalam hatiku, Wahai Penghapus kesalahan orang-orang yang berdosa.”

· Doa hari ke-24

“Ya Allah! Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan keridhoan-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dari hal-hal yang mendatangkan kemarahan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu kemampuan untuk mentaati-Mu, serta menghindari kemaksiatan terhadap-Mu, Wahai Pemberi para peminta.”

· Doa hari ke-25

“Ya Allah! Jadikanlah aku orang-orang yang mencintai auliya’-Mu dan memusuhi musuh-musuh-Mu. Jadikanlah aku pengikut sunnah- sunnah penutup Nabi-Mu, Wahai Penjaga Hati para Nabi.”

· Doa hari ke-26

“Ya Allah! Jadikanlah usahaku sebagai usaha yang disyukuri, dan dosa-dosaku diampuni, amal perbuatanku diterima, dan seluruh aibku ditutupi, Wahai Maha Pendengar dari semua yang mendengar.”

· Doa hari ke-27

“Ya Allah! Rizkikanlah kepadaku keutamaan lailatul Qodar, dan ubahlah perkara- perkaraku yang sulit menjadi mudah. Terimalah permintaan maafku, serta hapuskanlah dosa dan kesalahanku, Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba-hambannya yang sholeh.”

· Doa hari ke-28

“Ya Allah! Penuhilah hidupku dengan amalan-amalan sunnah, dan muliakanlah aku dengan terkabulnya semua permintaan. Dekatkanlah perantaraanku kepada-Mu di antara semua perantara, Wahai Yang tidak tersibukkan oleh permintaan orang-orang yang meminta.”

· Doa hari ke-29

“Ya Allah! Liputilah aku dengan rahmat dan berikanlah kepadaku taufiq dan penjagaan. Sucikanlah hatiku dari noda-noda fitnah, Wahai pengasih terhadap hamba-hambanya yang mulia.”

· Doa hari ke-30

“Ya Allah! Jadikanlah puasaku disertai dengan syukur dan penerima di atas keridhoan-Mu dan keridhoan Rosul. Cabang-cabangnya kokoh dan kuat berkat pokok-pokoknya, Demi kenabian Muhammad dan keluarganya yang suci, dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.”

*****

Rasullullah SAW. menjelaskan dalam hadistnya bahwa bulan Ramadhan yang berjumlah 30 hari, dibagi menjadi 3 kelompok :

Kelompok pertama berjumlah 10 hari pertama, yang merupakan hari turunnya RAHMAT ALLAH kepada manusia.

Kelompok kedua berjumlah 10 hari kedua, yang merupakan hari PENGAMPUNAN ALLAH bagi manusia yang menyadari atas kesalahan yang pernah dilakukuannya.

Kelompok ketiga berjumlah 10 hari terakhir, merupakan hari PEMBESASAN DARI SIKSA API NERAKA.

Mumpung kita masih diberi kesempatan untuk bisa menikmati indahnya puasa Ramadhan tahun ini karena siapa tahu tahun depan kita sudah dipanggil oleh Allah SWT., maka sebagai orang yang merasa beriman, mari kita melakukan ibadah puasa wajib ini dengan sebaik-baiknya, khusyu’ dan berkualitas diikuti dengan berlomba-lomba memperbanyak melakukan amalan-amalan ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah dengan ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho’-Nya dan memperbaiki diri/instrospeksi diri setiap hari. Amalan-amalan ibadah tersebut meliputi :

Tegakkan sholat fardhu tepat pada waktunya sebaiknya berjama’ah dan sebaiknya di masjid,

Lakukan sholat sunnah yang mengiringi sholat fardu,

Laksanakan sholat sunnah Dhuha’,

Segeralah berbuka bila saat berbuka tiba tapi janganlah berlebih-lebihan dan berdoalah,

Laksanakan sholat Tarawih dan sholat Witir dengan rutin secara berjama’ah sebaiknya di masjid,

Laksanakan sholat Taubat, Hajat, Tahajud, dan sholat sunnah lainnya pada 1/3 malam terakhir,

Bersahurlah terutama di akhir waktu sahur berlangsung dan janganlah berlebih-lebihan,

Sayangi, hormati dan berbaktilah pada kedua orang tua dan mertua baik yang masih hidup maupun yang telah wafat,

Jalin dan jaga Silaturrahim (tali persaudaran),

Bekerjalah untuk beribadah (jadikan pekerjaan sehari-hari untuk ibadah semata-mata mengharap ridho’ Allah SWT.),

Berlomba-lombalah dalam bersedekah dan dilakukan dengan ikhlas secara terus menerus serta membiasakan diri untuk berderma dan semaksimal mungkin memberikan apa yang kita punya baik dikala sempit/susah/sulit maupun dikala lapang/senang/berduit apalagi bila kita punya keinginan/harapan. Sedekah tersebut diberikan kepada yang berhak seperti anak yatim, yatim piatu, anak-anak terlantar, fakir miskin, orang tua jompo yang tidak mampu, kaum duafa dan pihak-pihak lainnya yang berhak, Insya’Allah oleh Allah SWT. sedekah kita tersebut akan diganti sekurang-kurangnya 70 kali lipat hingga 700 kali lipat nilainya serta akan dilapangkan rizki kita dan dimudahkan segala urusan kita,

Sayangi sesama dan perbanyak menolong orang yang patut ditolong terlebih lagi bila kita sedang dalam kesulitan,

Membaca Al-Qur’an dan memahami isinya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,

Perbanyak beristighfar memohon ampun atas segala dosa yang telah kita lakukan.

Berdzikir, tasbih menyebut nama Allah SWT setiap saat dimanapun berada kecuali di tempat-tempat yang dilarang misalnya di toilet,

Menahan hawa nafsu dan kesenangan duniawi yang menimbulkan maksiat,

I’tikaf terutama di 10 hari terakhir bulan Ramadhan meskipun hanya 1 jam per hari di masjid,

Menjauhi segala larangan-Nya serta merubah sifat, sikap dan kelakuan kita dari yang buruk seperti bohong, sombong, kikir, ngomongin orang/gibah, riya’/menceritakan dan mengungkit-ungkit jasa yang pernah dilakukan, ujub, fitnah, pemarah, dan lain-lain menjadi sifat, sikap dan kelakuan yang terpuji.

Insya’Allah kita bisa menjadi orang yang bertaqwa, amin.

*** SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA ***

Dikutip dari m-Dahwah/m-Ramadhan dan

sumber-sumber yang dipercaya lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: