Bikin Live Usb PCLinuxOs

Semua pasti tahu PClinuxOS hadir dalam bentuk liveCD. Jika diremaster umumnya akan bertambah ukurannya menjadi liveDVD. Normalnya tentu harus diburn ke sekeping DVD, dan itu tak semua orang punya kesempatan, boro2 DVD, drive CDROM saja seringkali dalam kondisi tidak normal. Solusinya? Salah satunya adalah USB flashdisk. PClinuxOS bisa dicopy ke flashdisk dan dijalankan, keuntungannya: jalan lebih cepat, hemat biaya karena tidak perlu burn DVD, tidak bising karena putaran drive DVDROM, drive CD/DVD bisa digunakan untuk keperluan lain, dan aneka keuntungan lain.
PClinuxOS yang dicopy ke USB flashdisk bisa dijalankan melalui beberapa cara.
Bila melalui GRUB (misalnya USB flashdisknya (hd1,0)
root (hd1,0)
kernel /isolinux/vmlinuz root=/dev/rd/3 bootfrom=usb
initrd /isolinux/initrd.gz
Cara lain yang lebih nyaman adalah pakai syslinux. Flashdisk bisa menjadi PClinuxOS liveUSB, caranya mudah.
1. USB flashdisk berformat FAT, ini umumnya memang sudah begitu.
2. USB flashdisk harus berpartisi aktif agar bisa dibaca oleh BIOS saat boot, banyak cara bisa dilakukan agar bisa active, saya biasa menggunakan GParted dengan mencentang boot pada manage flags.
3. BIOS harus menempatkan USB pada prioritas sebelum harddisk.
4. Copy livecd.sqfs dan folder isolinux ke flashdisk. Jika masih berupa ISO diekstrak dulu.
5. Rename kata isolinux menjadi syslinux: folder isolinux di-rename menjadi syslinux, isolinux.bin menjadi syslinux.bin, isolinux.cfg menjadi syslinux.cfg (isolinux.bin dan isolinux.cfg ada di dalam folder isolinux).
6. Jalankan 2 perintah berikut di terminal:
# fdisk -l
# syslinux -s /dev/sdxx
* /dev/sdxx disesuaikan dengan keluaran fdisk -l
Selesai. Flashdisk sudah menjadi PClinuxOS liveUSB, tinggal dijalankan.
* System linux yang digunakan untuk menjalankan perintah tsb. harus sudah memiliki syslinux dan mtools, secara default PClinuxOS belum memiliki mtools, perlu install dulu agar berhasil. Jika belum bisa terjadi begini:
[root@localhost guest]# syslinux -s /dev/sdb1
sh: mcopy: command not found
syslinux: failed to create ldlinux.sys
Semoga bermanfaat.

sumber tulisan : http://linux.or.id/node/3133

3 Comments to “Bikin Live Usb PCLinuxOs”

  1. CUKKK! BLOG INI MASI IDUP CUKKK!! BWAHAHAHAH ! =))

  2. wakakakakaka….
    suatu kehormatan blog ane dikunjungi mr. bleck yang ganteng dan kriwul rambutnya……..
    thankx commandnya bro..

  3. kenapa saya coba bikin live usb via live cd ga bisa mulu ya?ga ngerti pas disuru nentuin max/min nya..heuheu..jadi hasilnya slalu failed not enough space waktu copy livecd.sqfs.

    dimohon pencerahannyah Om..

    saya lagi review linuxs OS, nyoba ngajakin temen2 yg masi pada pake JENDELA BAJAKAN utk beralih ke LINUX.

    THX BEFOREANDAFTERnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: