Membuat odd and event page di openoffice.org

Hello guys, kembali bersua dengan tutorial mengenai penomoran halaman di openoffice.org. openOffice.org dapat membuat syle halaman berbeda antara halaman genap atau ganjil istilah jawanya “odd and event pages”. Misalnya : saya pengen membuat syle header dan footer yang berbeda antara halaman yang bernomor ganjil dan genap, di halaman ganjil (  hal 1, 3, 5 dst.) saya tuliskan header “belajar membuat header dan footer GANJIL di openOffice.org” sedangkan footernya “Footer halaman ganjil”

dan sebaliknya di halaman bernomor genap ( hal. 2, 4, 6 dst) saya tuliskan header “belajar membuat header dan footer GENAP di openOffice.org” dan di footernya saya tulis “Footer halaman GENAP”. Dan di masing-masing footer saya tambahkan nomor halaman biar lebih meyakinkan aja apa benar sesuai dengan yang saya inginkan atau tidak.

Mari kita coba langkah-langkahnya :

  1. buka halaman baru dan format agar ukuran kertas menjadi A4atau  terserah anda ukuran kertas apa yang dikehendaki
  2. Pilih  Format – Styles and Formatting, kemudian click icon Page Styles. Atau tekan F11.
  3. Dalam daftar page styles, klik kanan pada “Left Page” dan pilih Modify
  4. Klik Organizer tab
  5. Pilih “Right Page” pada kotak Next Style, kemudian klik OK
  6. Ulangi langkah ke-2, klik kanan pada “Right Page” dan pilih Modify
  7. Pilih “Left Page” pada kotak Next Style, kemudian klik OK
  8. Pergi ke halaman pertama pada dokumen anda, dan double-click “Right Page” pada daftar page styles yang ada dalam jendela Styles and Formatting.

Untuk menambahkan header pada salah satu style halaman anda tinggal pilih Insert – Header, dan pilih style halaman yang anda inginkan (left page atau right page) dan pada frame header tinggal dituliskan teks. Saat ini saya pilih right-page kemudian pada headernya saya tulis “belajar membuat header dan footer GANJIL di openOffice.org” anda tinggal mengulangi langkah yang sama untuk membuat header pada left-page kemudian tuliskan belajar membuat header dan footer GENAP di openOffice.org”

Dan Untuk menambahkan footer pada salah satu style halaman anda tinggal pilih Insert – Footer, dan pilih style halaman yang anda inginkan (left page atau right page) dan pada frame header tinggal dituliskan teks. Saat ini saya pilih right-page kemudian pada headernya saya tulis “Footer halaman GANJIL” anda tinggal mengulangi langkah yang sama untuk membuat header pada left-page kemudian tuliskan belajar “Footer halaman

hasil akhir:


 

Hello guys, kembali bersua dengan tutorial mengenai penomoran halaman di openoffice.org. openOffice.org dapat membuat syle halaman berbeda antara halaman genap atau ganjil istilah jawanya “odd and event pages”. Misalnya : saya pengen membuat syle header dan footer yang berbeda antara halaman yang bernomor ganjil dan genap, di halaman ganjil (  hal 1, 3, 5 dst.) saya tuliskan header “belajar membuat header dan footer GANJIL di openOffice.org” sedangkan footernya “Footer halaman ganjil”

dan sebaliknya di halaman bernomor genap ( hal. 2, 4, 6 dst) saya tuliskan header “belajar membuat header dan footer GENAP di openOffice.org” dan di footernya saya tulis “Footer halaman GENAP”. Dan di masing-masing footer saya tambahkan nomor halaman biar lebih meyakinkan aja apa benar sesuai dengan yang saya inginkan atau tidak.

Mari kita coba langkah-langkahnya:

1. buka halaman baru dan format agar ukuran kertas menjadi A4atau  terserah anda ukuran kertas apa yang dikehendaki.

2.


Pilih  Format – Styles and Formatting, kemudian click icon Page Styles. Atau tekan F11.

3. Dalam daftar page styles, klik kanan pada “Left Page” dan pilih Modify.

Leave a Reply

